Lantai Bambu / parquet bamboo flooring

Parket bambu: Indah dan Lebih Ramah


Masa kejayaan kayu memang belum berlalu. Tapi, jumlah yang makin menyusut dan harga yang melambung membuat kita perlu mencari alternatif lain. Bagaimana dengan bambu?

Kita biasa menyebut tanaman ini dengan sebutan pohon bambu. Padahal, sebenarnya bambu termasuk ke dalam jenis tanaman rumput. Dengan batang yang tinggi menjulang, wajar saja bila kita keliru. Tapi, meski tak termasuk dalam jenis kayu, bambu juga banyak manfaatnya, loh.
Jangan dikira batang bambu hanya bisa dijadikan sumpit atau dianyam. Selain dapat dijadikan furnitur, bambu ternyata bisa juga digunakan untuk lantai. Bentuknya sama seperti parket kayu, dengan ukuran yang bervariasi. Mulai dari bentuk tile 60cmx60cm, hingga 20cmx90cm.  

Dari segi harga, parket bambu ini tak beda jauh dengan parket kayu. Namun, bambu lebih mudah beregenerasi dibandingkan kayu. Selain jumlahnya masih sangat banyak, pertumbuhannya pun cepat. Bahkan, bambu memiliki kelebihan dibandingkan kayu. Sebab, ternyata parket bambu ini memiliki ketahanan lebih dibandingkan dengan kayu. Selain itu, bambu tak memiliki sifat mengembang atau menyusut jika kelembapan udara tinggi, tidak seperti kayu.

IDEAonline
Tak perlu bingung bagaimana menempatkannya. Corak dan warna parket bambu lebih halus dan cerah dibandingkan dengan kayu paling terang sekalipun. Dengan warna yang sangat mendekati putih, parket ini cocok sekali digunakan pada gaya minimalis modern.
Perawatannya pun mudah. Karena seratnya yang lebih rapat, cairan finishing akan menempel lebih lama. Membersihkan dengan sapu dan pel saja sudah cukup. Kalau mau lebih bersih, gunakan saja penyedot debu. 

sumber : IDEAonline

No comments: