LANGKAH MERANCANG KITCHEN SET


Yang pertama mesti dilakukan sebelum merancang sebuah kitchen set adalah membuat daftar keinginan dan daftar kebutuhan. Daftar tersebut berisi hal-hal, antara lain sebagai berikut :

* Aktifitas apa saja yang akan dilakukan, dan berapa orang yang akan bekerja di sebuah dapur? Hal ini akan berpengaruh pada luasan kitchen set dan furniture yang dibutuhkan.

* Berapa banyak anggota keluarga atau berapa banyak makanan akan dibuat? Hal ini akan berpengaruh pada luasan kitchen set dan besar tempat penyimpanan bahan makanan. Kitchen set yang hanya dipakai sebagai tempat membuat makanan untuk 2 orang tentu akan berbeda dengan kitchen set yang sering digunakan untuk memasak makanan dalam jumlah besar.
* Jenis makanan apa saja yang akan dimasak, apakah makanan butuh proses pemasakan lengkap dari proses memasak atau hanya makanan siap saji yang cuma butuh digoreng atau dihangatkan saja.
* Perangkat apa saja yang akan digunakan, apakah akan menggunakan kompor biasa atau kompor tanam, apakah akan menggunakan microwave? Hal ini akan sangat berpengaruh pada peletakan socket listrik dan pada ruang yang harus disediakan di kitchen set. Jika menggunakan kompor gas tentu anda harus menyediakan ruang untuk meletakkan tabung gas, sedangkan jika menggunakan kompor listrik anda harus menyiapkan socket di dekat kompor. Sebaiknya, sebelum anda membuat kitchen set, anda mengukur dahulu besaran perangkat sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran kitchen set.
* Berapa biaya yang anda anggarkan? Biaya akan berpengaruh pada pemilihan bahan/material kitchen set.

Beberapa hal diatas sangat penting agar anda bisa mendapatkan kitchen set sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN KITCHEN SET

LEMARI KABINET
Lemari kabinet merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur serta kebutuhan memasak lainnya. Berdasarkan letaknya, lemari kabinet terbagi dua yaitu lemari kabinet atas dan lemari kabinet bawah.


TABLE TOP/COUNTER TOP
Table Top merupakan bagian kitchen set yang berfungsi sebagai meja kerja untuk melakukan pekerjaan persiapan memasak sebelum diolah dengan kompor. Material Table Top haruslah kuat, antigores, tahan panas dan air serta mudah dibersihkan.


KITCHEN SINK
Kitchen sink atau biasa disebut sink merupakan salah satu elemen penting kitchen set yang berfungsi sebagai tempat mencuci. Baik bahan makanan maupun peralatan memasak. Ada berbagai jenis sink, antara lain sink mangkuk tunggal, sink mangkuk ganda, sink permanen, maupun sink non-permanen (dapat dilepas).


COOCKERHOOD
Coockerhood merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi sebagai alat pengisap asap maupun uap hasil memasak. Dengan adanya alat penghisap ini udara di ruang dapur akan menjadi lebih bersih dan segar.


KULKAS/REFRIGERATOR
Kulkas merupakan perlengkapan kitchen set yang identik dengan dapur modern. Alat ini berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman sehingga leih tahan lama dan tidak membusuk.


KOMPOR
Kompor merupakan elemen terpenting dari sebuah kitchen set yang berfungsi sebagai alat memasak makanan dan minuman sebelum dihidangkan. Ada dua jenis kompor yang ada dipasaran, yaitu kompor portable dan kompor tanam. Tren terbaru saat ini adalah munculnya jenis kompor induksi tanpa menggunakan api.


MICROWAVE
Microwave merupakan perlengkapan elektronik pendukung kitchen set yang berfungsi sebagai alat untuk menghangatkan makanan. Penggunaannya perlu lebih efisien karena membutuhkan energi listrik besar dan mengakibatkan efek radiasi elektromagnetik. Alat ini tidak selalu ada pada kitchen set.

 

 

No comments: