FENGSHUI DAPUR/KITCHEN

 Ada dua jenis dapur yang berkembang saat ini, yaitu dapur basah dan dapur kering. Walaupun demikian, kedua jenis dapur tersebut juga dapat diaplikasikan sekaligus. Pilihan jenis dapur yang akan digunakan tentunya akan berpengaruh pada pilihan design kitchen set-nya. DAPUR BASAH Dapur basah merupakan jenis dapur yang difungsikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan memasak dan mencuci, termasuk juga kegiatan menghangatkan makanan dan minuman sebelum dihidangkan. Dapur basah biasanya memiliki kitchen equipment yang komplit, mulai dari table top sebagai meja kerja, lemari kabinet sebagai tempat penyimpanan, sink, dan kompor. Bahkan ada pula yang dilengkapi dengan island, cookerhood, dan kulkas. Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam perancangan dapur basah, yaitu fisik bangunan, plumbing, dan penghawaan. Hal ini berkaitan dengan aktivitas-aktivitas yang terjadi pada dapur basah. DAPUR KERING Dapur kering biasanya hanya digunakan untuk melakukan aktivitas pengolahan makanan dan minuman yang praktis dan mudah disajikan, seperti menyiapkan roti dan susu untuk sarapan pagi. Bagi keluarga modern, dapurDapur kering disebut juga dengan istilah pantri, kitchen equipment yang terdapat pada dapur ini biasanya berupa meja pantri yang dilengkapi kursi atau bar stool (kursi bar), serta alat-alat memasak praktis seperti microwave atau toaster untuk menghangatkan atau membakar roti. pada beberapa kasus, juga dijumpai kompor khususnya yang berjenis kompor induksi. kering juga berfungsi sebagai tempat berkumpul anggota keluarga , sambil menikmati hidangan kecil dan bercengkrama.

Untuk membuat dapur Anda sesuai feng shui dan membawa keberuntungan, ikuti tips berikut yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah..

Posisi dapur
Idealnya, posisi dapur berada di belakang rumah, tidak bersebelahan/dibawah wc/area air seperti : R.jemur. Menurut feng shui bila posisi dapur tidak tepat, penghuninya dipercaya mendapatkan masalah pencernaan dan gizi. Bila dapur berada di depan rumah, diumpamakan keluarga hanya sibuk dengan urusan makanan dan makan banyak, yang identik dengan penghuninya akan kelebihan berat badan. Hal penting lainnya, menurut feng shui dapur tidak boleh dekat pintu utama karen energi positif akan cepat hilang.


Posisi Kompor
Kompor melambangkan keadaan keuangan suatu rumah tangga. Karena itu harus tetap bersih dan bekerja dengan baik sehingga keuangan uang dan kekayaan dapat mudah memasuki rumah. Dalam ilmu pengetahuan feng shui penempatan dapur dan kompor yang tepat sebenarnya sangat penting. Kalau diletakkan ditempat yang baik, penghuninya dapat mengharapkan keberuntungan, kalau tidak penyakit dan pemborosan uang serta barang-barang dapat menjadi akibatnya. Dalam ilmu pengetahuan feng shui bila dapur dan kompor diletakkan dengan baik penghuni rumah akan banyak mendapatkan keberuntungan, tetapi kalau salah akan menyebabkan masalah dan banyak
 rejeki yang hilang

Perhatikan petunjuk penempatan kompor dibawah ini :
·         Kompor sebaiknya tidak diletakkan di belakang tempat tidur tidak baik 
·         Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan tangga 
·         Kompor tidak dianjurkan berada dibelakang bak cuci, kamar mandi atau kakus 
·         Kompor sebaiknya tidak berada di tengah rumah 
·         Kompor sebaiknya tidak berada diantara dua buah keran air 
·         Kompor sebaiknya tidak diletakkan disudut 
·         Kompor sebaiknya tidak berada dibawah balok atap 
·         Kompor sebaiknya tidak berada diatas saluran buangan atau air
·         Dibelakang kompor sebaiknya jangan memberi jendela yang besar 
·         Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu utama 
·         Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu kamar tidur utama 
·         Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu kamar mandi 

Lantai Ditinggikan

Karena di dapur bersemayam Dewa Dapur, maka lantai ruang dapur perlu ditinggikan sebagai penghormatan. Kebersihan dapur juga perlu dijaga supaya Dewa Dapur merasa senang dan membuatnya sudi memberi berkah kebaikan yang melimpah pada penghuni rumah. Dalam Feng Shui Logika, meninggikan lantai dapur sangat dibenarkan, karena sampah dari sisa produk masakan dapat dengan mudah dibersihkan.
Sirkulasi udara dan sinar matahari juga perlu diperhatikan. Tempat yang sangat lembap dan pengap akan membentuk sha qi (energi pembunuh) yang mematikan. Bila sirkulasi dapur baik, maka asap masakan tidak akan masuk ke ruangan lain di dalam rumah. Asap masakan bukan udara yang bersih dan dapat menyebabkan penyakit. Itu sebabnya muncul larangan pintu dapur berhadapan dengan pintu kamar.

Warna Dapur



Sebaiknya tidak menggunakan warna-warna dengan elemen air, misalnya : biru. Warna minimalis (cream, putih, kuning, abu2) bisa digunakan.

3 comments:

Unknown said...

Ada dua jenis dapur yang berkembang saat ini, yaitu dapur basah dan dapur kering. fengshui

Eliaz Beth said...

Likes immensely boost the attractiveness within your web site and utilizing the appropriate quantity rely; many people may be serious about your account. The companies that give these answers, will produce you with non-automated or robotic likes and provide you with authentic Instagram likes. buy 50 instagram likes The great problem concerning this is they might be immediately despatched on your own account this means you you should not have to show up at that a terrific offer. And when you're a firm, escalating your Instagram likes could be valuable.

Unknown said...

Exhaust fan dapur
untuk menjadikan dapur anda lebih nyaman dan elegan